Toronto Blessing : Alkitabiahkah?

oleh : Pdt. Budi Asali M.Div.


TORONTO BLESSING

I)Apakah Toronto Blessing itu?

Apa yang disebut dengan Toronto Blessing (= Berkat Toronto) itu mulai terjadi di suatu gereja kecil di Toronto, Kanada. Gereja ini tergabung dalam gereja 'Vineyard' yang didirikan oleh Pdt. John Wimber. Pendeta dari gereja 'Vineyard' di Toronto ini adalah Pdt. John Arnott. Dikatakan bahwa hidupnya dijamah oleh Tuhan melalui kehadirannya dalam Kebaktian Kebangunan Rohani yang diadakan oleh Pdt. Benny Hin di Toronto.

Pada tanggal 20 Januari 1994, Pdt. John Arnott mengundang Pdt. Randy Clark dari gereja Vineyard di St. Louis, Missouri, USA, untuk memimpin Kebaktian Kebangunan Rohani selama 4 hari di gerejanya. Dalam setiap kebaktian terjadi 'lawatan Allah' yang sangat luar biasa, yang disertai dengan berbagai manifestasi 'pekerjaan Roh Kudus' yang menakjubkan / aneh, seperti:

'Lawatan Allah' ini menyebabkan Kebaktian Kebangunan Rohani itu lalu diperpanjang beberapa hari lagi, dan akhirnya berkepanjangan sampai saat ini. Kebaktian dilakukan setiap hari kecuali hari Senin (Majalah Bahana, April 1995, hal 11).

Beberapa saat setelah peristiwa itu, banyak orang kristen dan hamba Tuhan dari seluruh Kanada, bahkan dari seluruh dunia yang pergi ke Toronto. Sampai dengan September 1994, diperkirakan lebih dari 200.000 orang dari seluruh dunia datang ke Toronto, dan 10.000 diantaranya adalah hamba-hamba Tuhan. Dan pada waktu para hamba Tuhan ini kembali ke gerejanya masing-masing, maka gereja-gereja itu juga mendapatkan 'lawatan Allah' yang sama. Jadi, para hamba Tuhan itu, baik mereka yang mengalami Toronto Blessing ataupun tidak, ternyata bisa menyalurkan Toronto Blessing itu kepada gerejanya masing-masing.

Ada yang beranggapan bahwa peristiwa ini bisa dikatakan merupakan peristiwa Azusa Street yang baru, atau merupakan kelanjutan dari peristiwa di Azusa Street pada tahun 1906, yang akhirnya melahirkan gerakan Pentakosta (Majalah Bahana, bulan April 1995, hal 10,12).

Ada juga yang beranggapan bahwa sekalipun apa yang terjadi di Toronto itu bukanlah suatu kebangunan rohani, tetapi ini merupakan suatu persiapan bagi terjadinya suatu kebangunan rohani, sama seperti Yohanes Pembaptis mempersiapkan / meluruskan jalan bagi Kristus (Majalah Bahana, April 1995, hal 20).

-AMIN-


e-mail us at [email protected]