Eksposisi Kisah Para Rasul
oleh: Pdt. Budi Asali MDiv.
KISAH
PARA RASUL 2:37-41
Dalam pelajaran lalu, pada waktu
membahas Kis 2:14-36, kita telah melihat bagaimana Petrus memberitakan Injil
kepada orang-orang Yahudi di hari Pentakosta, dimana ia menekankan tentang dosa
mereka, dan juga bahwa Yesus adalah Tuhan dan Mesias / Kristus, yang harus
mereka percayai.
I) Reaksi terhadap khotbah
Petrus.
1) Hati mereka tertusuk.
Ay 37
versi Kitab Suci Indonesia mengatakan ‘terharu’. Ini salah terjemahan.
NIV/RSV:
cut
(= teriris).
NASB:
pierced (= tertusuk / tertikam).
KJV/Calvin:
pricked
(= tertusuk).
Dalam
Kis 7:54 orang-orang Yahudi juga ‘tertusuk hatinya’ setelah mendengar
khotbah Stefanus. Tetapi ‘tertusuk’ di sana artinya ‘marah’. Di sini
‘tertusuk’ berarti mereka menjadi sedih. Petrus berhasil meyakinkan mereka
akan dosa mereka yaitu menyalibkan Yesus yang adalah Mesias / Tuhan. Ini membuat
mereka menjadi sedih. Kesedihan terhadap dosa adalah awal pertobatan dan
merupakan sesuatu yang sangat penting (bdk. Mat 5:4 2Kor 7:10).
Penerapan:
Apakah
saudara sering / pernah mengalami kesedihan yang ditimbulkan oleh kesadaran akan
dosa saudara? Kalau ya, itu baik; kalau tidak, itu menandakan saudara belum
pernah bertobat / bukan orang kristen sejati, dan juga belum selamat.
Bertobatlah sebelum terlambat!
2) Mereka bertanya: ‘Apakah yang harus kami perbuat,
saudara-saudara?’ (ay 37).
Ini suatu reaksi yang harus ada setelah seseorang mendengar khotbah
dan disadarkan akan dosa-dosanya. Ia harus ingin berbuat sesuatu untuk
membereskan dosa itu! Ada orang yang sadar akan dosanya tetapi acuh tak acuh dan
tidak berbuat apa-apa. Ada lagi orang yang menjadi putus asa (seperti Yudas).
Penerapan:
Reaksi
yang bagaimana yang ada dalam diri saudara setelah saudara disadarkan akan dosa
saudara?
II) Jawaban
Petrus.
Yang ditanya adalah semua rasul
(ay 37: ‘saudara-saudara’), tetapi Petrus lagi-lagi menjadi jurubicara. Dan
ia lalu berkhotbah lagi. Lukas hanya memberikan ringkasannya dalam ay 38-40.
Bahwa ini adalah suatu ringkasan, jelas terlihat dari kata-kata ‘banyak
perkataan lain lagi’ (ay 40).
Dalam khotbah ke 2 ini Petrus
memberikan:
A) Perintah.
Petrus
memberi mereka perintah untuk:
1) Bertobat (ay 38).
Pertobatan
berarti ‘perubahan pada pikiran’ (conversion of the mind). Orang yang
hanya berubah secara lahiriah (misalnya dulu tidak ke gereja, sekarang ke
gereja), tetapi hati / pikirannya tidak berubah, tidak bisa dikatakan bertobat.
Pertobatan
bisa diartikan 2 hal:
Pertobatan yang dimaksud oleh Petrus adalah pertobatan dalam arti
pertama, yaitu datang / percaya kepada Kristus. Ini bisa terlihat dari kata
bahasa Yunani yang digunakan oleh Petrus. Ia menggunakan kata Yunani METANOESATE
yang ada dalam bentuk aorist
imperative (= kata perintah bentuk aorist
/ lampau).
Dalam bahasa Yunani ada 2 jenis kata perintah:
Ini digunakan kalau orang yang memerintah itu menghendaki
supaya perintahnya dilakukan hanya 1 x saja.
Ini digunakan kalau orang yang memerintah itu menghendaki
supaya perintahnya dilakukan terus-menerus.
Andaikata Petrus menggunakan present
imperative (= kata perintah bentuk present),
maka itu berarti bahwa perintahnya itu harus dilakukan terus menerus (bdk. Ef
5:18 yang menggunakan present imperative). Tetapi karena Petrus
menggunakan aorist imperative, maka perintah ini hanya perlu dilakukan
satu kali saja. Jadi jelas bahwa ini menunjuk pada pertobatan dalam arti
pertama, yang memang hanya bisa dilakukan satu kali saja, bukan pada pertobatan
dalam arti kedua yang harus dilakukan terus menerus / berulang-ulang.
Jadi maksud Petrus adalah: dahulu kamu membenci Yesus dan bahkan
menyalibkanNya / membunuhNya (ay 23,36); sekarang kamu harus mempunyai pemikiran
/ sikap yang berbeda terhadap Yesus. Datanglah kepadaNya, dan percayalah
kepadaNya. Inilah pertobatan yang dimaksud oleh Petrus!
Penerapan:
2) Memberi diri untuk diselamatkan dari angkatan yang jahat ini (ay
40b).
Perintah
ini sebetulnya sama, atau setidaknya tidak terlalu berbeda, dengan perintah
untuk bertobat dalam ay 38 di atas. Tetapi dalam pembahasannya kita bisa
mendapatkan hal-hal yang berbeda.
a) Di sini Petrus menyebut mereka sebagai ‘angkatan yang
jahat’.
Perhatikan
bahwa Petrus tidak memperhalus kata-katanya dengan menggunakan istilah
‘angkatan yang kurang baik’. Mengapa? Karena istilah halus itu akan
memperlunak dosa mereka. Pada waktu saudara memberitakan Injil, saudara harus
berani menyebut dosa sebagai dosa! Jangan memperlunaknya, misalnya dengan
menggunakan istilah ‘kelemahan’ dsb.
b) Kata-kata ‘berilah dirimu diselamatkan’ dalam bahasa
Yunaninya adalah SOTHETE. Ini merupakan suatu aorist imperative yang ada
dalam bentuk pasif.
o
Karena ini adalah aorist
imperative, maka perintah ini juga hanya perlu dilakukan satu kali saja.
Ini jelas bertentangan dengan ajaran Arminian yang berkata
bahwa orang kristen bisa kehilangan keselamatannya, lalu bisa bertobat lagi dan
diselamatkan lagi, dst. Kalau ajaran Arminian ini benar, maka di sini Petrus
seharusnya tidak menggunakan aorist imperative tetapi present
imperative, yang harus dilakukan berulang-ulang.
o
Berbeda dengan
perintah untuk bertobat dalam ay 38 yang ada dalam bentuk aktif, maka SOTHETE
ada dalam bentuk pasif. NIV/KJV/RSV menterjemahkan ‘Save
youselves’ (= selamatkanlah dirimu
sendiri), yang jelas merupakan bentuk aktif. Ini salah! Kita tidak bisa
menyelamatkan diri kita sendiri (bdk. Ro 3:20 Gal 2:16a). Kita diselamatkan oleh
Tuhan. Tetapi bentuk pasif ini tidak boleh diartikan bahwa kita harus pasif
total dalam hal keselamatan. Kita diperintahkan untuk diselamatkan. Jadi, kita
harus mau diselamatkan.
3) Memberi diri dibaptis dalam nama Yesus Kristus (ay 38).
Ada
beberapa hal yang perlu diperhatikan:
a. Kalau pertobatan tadi menyangkut hati / pikiran (hal yang ada di
dalam), maka baptisan menyangkut apa yang kelihatan (hal lahiriah). Kalau hati /
pikiran berubah (bertobat) maka yang diluarpun juga akan berubah. Banyak orang
pada waktu diinjili berkata: ‘Yang penting hati saya percaya, tidak perlu
dibaptis / pergi ke gereja dsb’. Ini omong kosong! Kalau hati / pikiran orang
itu betul-betul bertobat, tidak mungkin hidup lahiriahnya tidak berubah ke arah
positif!
b.
Perintah ini dalam bahasa Yunaninya adalah BAPTISTHETO, yang lagi-lagi merupakan
suatu aorist imperative
(= kata perintah bentuk aorist / lampau),
yang hanya perlu dilakukan satu kali saja.
Jadi, jangan minta dibaptis berulang-ulang! Jangan percaya pada
orang yang mengatakan bahwa baptisan percik itu tidak sah dan harus diulang!
Dengan mengulang baptisan, saudara menghina baptisan yang pertama! Suatu
baptisan tidak sah dan perlu diulang kalau:
o
tidak menggunakan air.
Misalnya baptisan bendera dari ‘Bala Keselamatan’.
o
dilakukan oleh gereja
yang secara teoritis tidak mengakui Allah Tritunggal. Misalnya baptisan di
gereja Saksi Yehovah.
Selanjutnya kata BAPTISTHETO itu ada dalam bentuk pasif. Jadi kita
harus mau dibaptis. Kita tidak boleh membaptis diri sendiri.
c. ‘dalam nama Yesus Kristus’ (ay 38).
Apakah ini bertentangan dengan Mat 28:19 yang menyuruh membaptis dalam
nama Bapa, Anak dan Roh Kudus? Tidak mungkin! Tidak bisa dibayangkan bahwa
semua rasul-rasul itu secara terang-terangan melanggar perintah Yesus dalam Mat
28:19 itu. Lalu apa artinya ‘memberi diri dibaptis dalam nama Yesus’? Ada
beberapa kemungkinan:
o
artinya adalah
baptisan Kristen.
o
artinya: sesuai dengan
ajaran Yesus.
o
artinya: supaya pada
waktu orang itu dibaptis ia melihat kepada Kristus, dan menyadari bahwa tanpa
jasa penebusan Kristus baptisan itu sia-sia.
Yang jelas, ‘dalam nama Yesus Kristus’ bukanlah formula
baptisan! Dengan kata lain, itu bukanlah kata-kata yang diucapkan oleh si
pembaptis pada waktu ia membaptis. Formula baptisan hanya ada dalam Mat 28:19!
Penerapan:
Ada gereja-gereja / pendeta-pendeta yang berdasarkan ayat ini, dan
juga Kis 10:48 dan Kis 19:5, lalu mengubah formula baptisan dalam Mat 28:19.
Mereka membaptis dengan berkata: ‘Aku membaptis engkau dalam nama Bapa, Anak
dan Roh Kudus, yaitu Tuhan Yesus Kristus’. Ini salah!
B) Janji.
Kalau
perintah di atas ditaati, maka ada janji, yaitu:
1) Mereka akan menerima pengampunan dosa (ay 38).
Ini
akibat dari pertobatan / datang kepada Yesus, bukan karena baptisan.
2)
Mereka akan menerima karunia Roh Kudus (ay 38).
Artinya
bukanlah bahwa mereka akan menerima ‘karunia dari Roh Kudus’, tetapi
bahwa mereka akan menerima ‘karunia berupa Roh Kudus itu sendiri’.
Tidak dikatakan / dijanjikan bahwa mereka akan menerima bahasa roh
/ lidah seperti para rasul. Juga dalam ay 41-dst tidak ada bahasa roh / lidah.
Bagi
siapa janji pengampunan dosa dan pemberian Roh Kudus itu berlaku? Dalam ay 39
Petrus berkata bahwa janji itu berlaku bagi:
Kesimpulan: janji itu berlaku untuk semua orang.
III)
Tanggapan mereka.
1) Menerima perkataan Petrus / Firman Tuhan (ay 41).
Perhatikan
bahwa mereka bertobat bukan karena mujijat yang terjadi (bahasa roh), tetapi
karena Firman Tuhan yang diberitakan oleh Petrus (bdk. ay 37: ‘mendengar hal
itu’).
Penerapan:
Apakah
saudara menjadi orang kristen hanya karena saudara mengalami / melihat mujijat?
Itu bukan pertobatan. Dengarkanlah Injil / Firman Tuhan dan bertobatlah.
2)
Memberi diri dibaptis (ay 41).
a) Orang yang sungguh-sungguh bertobat pasti mau dibaptis. Baptisan
memang tidak menyelamatkan kita, tetapi tetap harus dilakukan karena:
b) Cara baptisan.
Apakah
orang-orang itu dibaptis dengan baptisan selam? Rasa-rasanya tidak, karena:
c) Saat baptisan.
Mereka
dibaptis ‘pada hari itu’ (ay 41). Ini menunjukkan bahwa:
Apakah saudara adalah orang yang sering menunda-nunda dalam
mentaati Tuhan, baik dalam persoalan baptisan, memberi persembahan persepuluhan,
melayani Tuhan, dsb?
Penutup:
Orang-orang ini menerima dan
mentaati Firman Tuhan. Bagaimana sikap saudara terhadap Firman Tuhan?
-AMIN-
Bagi sdr yg telah
mendapat berkat dari artikel ini..mohon kiranya dapat membantu menyebarkan Pada
sdr2 kita yg lain, sehingga semakin banyak sdr kita yg juga bisa membaca artikel
ini dan mendapat berkat. Tuhan memberkati sdr.
Amin.
Joh 21:17 Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: "Apakah engkau mengasihi Aku?" Dan ia berkata kepada-Nya: "Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku.
Author : Pdt. Budi Asali,M.Div.
E-mail : [email protected]
e-mail us at [email protected]
Link ke Channel Video Khotbah2 Pdt. Budi Asali di Youtube:
https://www.youtube.com/channel/UCP6lW2Ak1rqIUziNHdgp3HQ
Channel Live Streaming Youtube : bit.ly/livegkrigolgotha / budi asali